SAKRAMEN BAPTIS

 

Tujuan Umum    : Anak dapat memahami dan mengerti bahwa dengan menerima sakramen baptis akan menjadi

                            anak Allah, pengikut Yesus, tempat tinggal Roh Kudus, bebas dosa dan menjadi anggota gereja.

Tujuan Khusus    : Setelah pembinaan Minggu gembira ini anak diharapkan dapat:

  1. Menyebutkan arti sakramen baptisan

  2. Menyebutkan apa makna kalau kita dibaptis,

  3. Menyebutkan dosa mana yang dihilangkan oleh Pembaptisan.

  4. Menjawab pertanyaan bagaimana seorang dapat masuk dalam gereja Katolik

  5. Menjawab pertanyaan apa artinya anak Allah, pengikut Kristus, tempat tinggal Roh Kudus, orang bebas dosa dan anggota gereja.

  6. Dapat menyebutkan kembali kata-kata pembaptisan yang harus diucapkan.

Sumber Bahan    :

  1. Kitab Suci  Yoh 1:29-34

  2. Katekismus

  3. Mada Bhakti No. 427

  4. Seri Perjumpaan dengan Allah Jilid 6

Alat Peraga  : Gambar upacara Pembaptisan

LANGKAH-LANGKAH   :

1. PERAYAAN

  1. Lagu Pembukaan  "SYUKUR KEPADA TUHAN"         1 = D    3/4

     Syukur kepada-Mu Tuhan   atas rahmat baptisan. Kami jadi anak Allah dan anggota gereja

     Dosa kami Kau ampuni Kau beri hidup yang baru. Kami jadi anak-MU

  2. Doa Pembukaan : Bapa yang maha baik dan pengasih, Engkau telah mengutus Putera-Mu ke dunia untuk menebus dosa kami dengan menjadi manusia. Bimbinglah kami dengan Roh Kudus-Mu agar kami semakaion menyadari diri kami sendiri dan dapat seperti Putera-Mu yang rendah hati, dan semoga dengan baprtisan ini kami dapat menjadi anak Allah dalamanggota gereja Katolik, yang baik sesai dengan kehendak-Mu. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin

  3. Pembacaan Lilin kecil

2. PENGHAYATAN

  1. Penggalian pengalaman

  2. Ceritera    ( Injil Yohanes  1:29-34 )    "YESUS DIBAPTIS OLEH YOHANES DI SUNGAI YORDAN"

            Ada seorang Nabi di padang gurun Yudea bernama Yohanes Pembaptis ia tampil dan memberitakan tentang pertobatan yang berbunyi "Bertobatlah sebab kerajaan Allah sudah dekat" Ia mengatakan : Persiapkanlah jakan untuk Tuhan dan luruakanlah jalan bagi-Nya. Yohanes pembaptis memakai jubah  bulu unta dan  dan memakai ikat pinggang kulit sedangkan makanannnya adalah belalang dan madu hutan. Mendengar pewartaan Yohenas ini, semua orang dari seluruh Yerusalem dan Yudea berkumpul di sungai Yoedan. Semua mereka mengaku dosa sebelum dibaptis oleh Yohanes. Sambil membaptis orang banyak itu, Yohanes berkata Aku membaptis kamu dengan air, sebagai tanda pertobatan tetapi Ia yang datang kemudian dari pada-Ku lebih berkuasa, akan membaptis kamu dengan Roh Kudus. Melepaskan kasitNyapun aku tak layak. Ketika itu juga datang dari Galilea dan tiba di sungai Yordan, meminta Yohanes untuk membaptia-Nya dengan air. Tetapi Yohanes menolaknya katanya Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, Dan Engkau yang datang kepada-Ku Yesus menjawab katanya "Biarlah hal itu terjadi supaya genaplah seluruh kehendak Allah Yohanespun menurutiNya. Sesudah di baptis Yesus keluar  dari air dan pada waktu itu  langit   terbuka dan Ia melihat Roh Kudus berupa burung merpati dan dan cahaya berkilau-kilauan  turun tepat di atas-Nya dan pada waktu itu  terdengarlah suara dari langit " Inilah Puter-Ku tercinta, Aku berkenan kepada-Nya". Ini tanda bahwa Yesus diangkat menjadi Putera Allah yang paling dikasihi oleh Bapa-Nya di Surga. Maka tahulah Yohanes bahwa Yesus sungguh-sungguh Puetra Allah.

  3. Pertanyaan Cerita

    1. Apa judul cerita tadi? ( Yesus dibaptis oleh Yohaens Pembapris dio sungai Yordan )

    2. Siapakah nabi yang berseru di padang gurun?  ( Yohanes Pembaptis )

    3. Apa yang dilakukan oleh Yohanes Pembaptis di sungai Yordan? ( Ia membaptis orang banyak  termasuk Yesus)

    4. Mengapa Yohanes membaptis Yesus? ( karena Yesus pernah bersabda supaya genaplah  seluruh kehendak Allah)

    5. Apakah lambang Roh Kudus  yang datang pada waktu Yesus dibaptis? ( Burung Merpati dan vahaya yang berkilauan)

    6. Bagaimanakah suara yang terdengar dari langit? ( Inilah Putera-Ku yang tercinta kepada-Nya Aku berkenan)

  4. Pendalaman

    Anak-anak yang terkasih, kita telah mendengar cerita tentang Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis di sungai Yordan. Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis sebagai tanda bahwa, Yesus adalah anak Allah. Hal ini dibuktikan dengan turunya Roh Kudus  berupa burung merpati pada waktu Ia dibaptis. Seperti halnya kita di dunia ini yang menerima sakramen baptis pertama-tama kita dibersihkan dari dosa asal.  Kalau demikian apa yang dimaksudkan dengan Baptisan? Baptisan adalah satu tanda dalam  jiwa seorang bahwa dia berhak masuk Surga. Juga dengan baptisan seorang berhak menjadi pengikut Kristus. Dengan Baptisan hati kita menjadi tempat kediaman Roh Kudus yang menghibur dan membimbing kita pada jalan ke Surga. Dengan Sakramen Baptis kita kita disucikan dan dibersihkan dari segala dosa baik dosa asal maupun maupun dosa-dosa yang lain, Dengan dibaptis kita menjadi anggota gereja.

    Anak-anak yang terkasih kita dibaptis dengan air seperti Yesus juga, Mengapa kita dibatis dengan air? karena kita tahu apa kegunaan dari air yaitu: Membersihkan, Menyucikan, sumber kehidupan dan lain-lain. Melihat kegunaan air itu maka ada hubungan dengan air yang digunakan dalam sakramen Baptis. Air yang digunakan dalam Sakramen Baptis adalah air yang sudah diberkat oleh Romo dalam Nama Bapa, Putera dan Roh Kudus yang akan menyucikan kita, membersihkan, menhapus dan memberikan kita hidup baru. Selain air juga ada Lilin sebagai tanda bahwa kita setelah dibersihkan dari dosa maka kita diharapkan dapat hidup baik atau hidup dalam terang. Dengan bantuna Tuhan berupa cahaya itu kita tidak berdosa lagi seperti pada waktu Ia dibatis ada cahaya yang turun bersama burung Merpati lambang Roh Kudus yang turun. Garam adalah lambang  kekuatan. Jika kita sudah dipermandikan maka garam yang sudah bercampur dengan air pembaptisan itu akan memberi kekuatan kepada kita supaya kita tidak lagi jatuh ke dalam dosa. Kita diberi kekuatan oleh Tuhan supaya kita tidak lagi berdosa, tetapi hidup dan bertingkah laku baik. Dengan dibaptis kita diangkat pula menjadi anak Allah. Setelah kita dibebaskan dari dosa, ,maka kita akan menjadi sama dengan Yesus yang tidak berdosa itu. Seperti Kristus yg telah dibaptis dan diangkat menjadi Putera Allah, maka kitapun juga demikian: sebab kita telah menjadi sama dengan Yesus yg sudah terbebas dari dosa. Dan kitapun juga diangkatNya menjadi putera yang dikasihiNya. Dengan menerima pembaptisan kita juga diangkat menjadi anggota Gereja. Setiap anggota Gereja dipersatukan dengan anggota Gereja yg lain - yg sudah dipermandikan. Begitu kita dibaptis kita diangkat menjadi anggota Gereja.

3. PENGUNGKAPAN

  1. Anak diminta untuk mewarnai gambar

  2. Anak bersama pembina memperagakan bagaimana cara membaptis dalam gereja Katolik

4. KESAKSIAN

  1. Pembina diminta untuk menceritakan pengalamannya pada waktu dia dibaptis

  2. Bila ada anak yang doibaptis dewasa pembina dapat memintanya untuk menceritakan bagaimana pengalamannya pada saat dia dibaptis

5. PERWUJUDAN

6. PENUTUP

  1. Doa Penutup : Ya Allah yang maha kuasa puji dan syukur kami haturkan kepada-Mu karena Engkau telah memberikan baptisan yang begitu indahkepada kami semua. Engkau telah mengangkat kami menjadi anak Allah dan mengambil bagian dalam karya bersama dengan Yesus bimbingan kami.     Semoga dengan baptisan yang telah kami terima kami dapat menjadi saksi pewartaan Injil-Mu. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin.

  2. Lagu Penutup "SETIA-SETIALAH"

          Setia-setilah setia sampai mati. Seperti Tuhan Yesus setia sampai mati

          Inilah jawabanku dengan kasih setia-Nya. Setia-setialah setia sampai mati

                    Aku mau setialah setia sampai mati.  Seperti Tuhan Yesus setia sampai mati

                    Apakah jawabanku dengan kasih setianya. Setia-setialah setia sampai mati.

Kembali ke halaman depan